Profil Lokomotif CC201
- Dimensi
- Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
- Panjang body: 14.134 mm
- Jarak antara alat perangkai: 15.214 mm
- Lebar badan (body): 2.642 mm
- Tinggi maksimum: 3.636 mm
- Jarak gandar: 3.304 mm
- Jarak antar pivot: 7.680 mm
- Diameter roda penggerak: 914 mm
- Diameter roda idle: -
- Tinggi alat perangkai: 770 mm
- Berat
- Berat kosong: 78 ton
- Berat siap: 84 ton
- Berat adhesi: 84 ton
- Motor Diesel
- Tipe: GE-7FDL8 (GE FDL Series 8 Cylinders)
- Jenis: 4 langkah, turbocharger
- Daya Mesin: 1.950 HP
- Daya ke generator/converter: 1825 HP
- Motor Traksi/Converter
- Jumlah motor traksi: 6
- Tipe motor: GE 761, arus searah (DC-DC)
- Gear ratio: 90:21
- Tipe generator: GT 581
- Kinerja
- Kecepatan maksimum: 120 km/jam
- Gaya tarik maksimum (adhesi): 17.640 kgf
- Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
- Jari-jari lengkung terkecil: 56,7 m
- Kapasitas
- Bahan bakar: 3.028 liter
- Minyak pelumas: 984 liter
- Air pendingin: 684 liter
- Lain-lain
- Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
- Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
Unit yang sudah tak beroperasi
- Dua buah lokomotif CC201, yaitu CC201 33 yang menarik rangkaian KA Senja IV jurusan Jakarta-Yogyakarta yang berangkat dari Purwokerto dan CC201 35 yang menarik rangkaian KA Maja jurusan Madiun-Jakarta yang berangkat dari Kroya bertabrakan di daerah Gunung Payung, dekat jembatan Sungai Serayu pada tanggal 21 Januari 1981. Pasca tabrakan, komponen mesin dan sasis dari kedua lokomotif tersebut digunakan untuk menggantikan komponen CC201 yang masih beroperasi karena kerusakannya teramat parah dan dinyatakan sudah tidak layak beroperasi lagi.
- CC201 121R yang menarik KA Fajar Utama Express Lampung mengalami PLH tabrakan dengan beberapa gerbong rangkaian KA barang Babaranjang yang tertinggal di petak Kertapati-Tanjung Karang, Lampung, pada bulan Maret 2005.
- CC 201 83R (CC 201 89 11) yang menarik KA Babaranjang dari Kertapati tujuan Sukacinta langsung bertabrakan dengan CC 202 16 (CC 202 90 01) pada bulan Februari 2012. Dari PLH tersebut CC 202 16 terbakar dan CC 201 83R ringsek, akibatnya CC 201 83R tersebut tidak beroperasi
- CC201 98 yang telah dimutasi ke Sumatera Selatan, mengalami kecelakaan, terbakar dan tidak dapat dioperasikan lagi.
- CC201 85R juga merupakan lokomotif yang sudah afkir.
Galeri
-
CC 201-45 (CC201 83 07) di Stasiun Tugu
-
CC 201-103 (CC201 92 13) yang akan menarik rangkaian KA Brantas di Stasiun Madiun
-
CC 201 108 (CC201 92 18) menghela kereta api Langsam
-
CC 201 50 (CC201 83 12) di Stasiun Medan
-
Long hood CC201 47 (CC201 83 09) di stasiun Karanggandul
-
-
CC201 59 (CC201 83 21) di stasiun Ketanggungan Barat
-
CC201 59 (CC201 83 21) di stasiun Kramat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar